Tuesday 28 March 2017

Apakah Yang Dilakukan Elevenia Ini Termasuk Pelanggaran Hukum???

Hello guys, sudah sekian lama saya tidak ngepost apa-apa ya.. Kali ini postnya dalam bahasa Indonesia aja ga pake bahasa inggris hehehe. Saya ingin menceritakan pengalaman saya yang kurang mengenakkan tentang berbelanja online di salah satu situs terkenal dengan tagline #klikcarihepi.

Saya membeli produk Olive Shampoo 270mL yang saya pesan melalui elevenia dengan nama toko penjual “Klikmarket” (no. transaksi 201703100216923). Saya memesan produk sebanyak 3 buah pada hari Jumat, 10 Maret 2017 dan di konfirmasi oleh elevenia pada hari itu juga pukul 23.10. Saya pun segera melakukan pembayaran melalui internet banking dan di konfirmasi oleh elevenia pada pukul 23.25. Untuk pengiriman pesanan saya tersebut, saya memilih metode pengiriman express delivery + asuransi, karena saya ingin barang tersebut segera saya terima. Untuk metode pengiriman tersebut, saya dikenakan biaya sebesar Rp41.600.

Pada hari Senin tanggal 13 Maret, pesanan tersebut tidak kunjung saya terima. Saya jadi bertanya-tanya, kenapa produk tersebut belum sampai, sedangkan saya menggunakan metode pengiriman EXPRESS DELIVERY + ASURANSI?

Ternyata, pesanan saya tersebut tiba di tempat saya pada tanggal 14 Maret 2017 pada pukul 21.12 dengan metode pengiriman yang tercantum pada resi yaitu TARIF REGULER TANPA ASURANSI sebesar HANYA Rp9.000.

Tampaknya disinilah akar permasalahannya mengapa pesanan saya lambat tiba di tempat saya. Saya memesan dengan total tarif ongkos kirim sebesar Rp41.600, sedangkan pengiriman dilakukan HANYA menggunakan tarif REGULER yaitu sebesar Rp9.000. Jadi ada selisih sebesar Rp32.600.
Hari itu juga tanggal (14 Maret 2017), saya mencoba menelpon langsung ke elevenia, menanyakan perihal keganjilan ongkos kirim tersebut. Pihak elevenia meminta saya untuk mengirimkan bukti pemesanan, resi pengiriman yang tercantum pada barang, dan foto dari barang tersebut. Semua permintaan elevenia saya penuhi, bahkan foto mobil kurir yang mengantar barang tersebut pun saya sertakan.

Tanggal 15 Maret, CS elevenia yang bernama Retno menyatakan bahwa klaim saya telah diajukan pada pihak seller dan sedang dalam proses. Pada hari Kamis 16 Maret, saya mencoba menelpon lagi ke pihak elevenia, dan dijawab “sedang dalam proses”. Sejak hari tersebut, hampir setiap hari saya menelpon elevenia, dan selalu dijawab SEDANG DALAM PROSES, dan berkelanjutan sampai hari ini tulisan ini dibuat (28 Maret pukul 00.00 WIB), saya belum mendapat kejelasan atas pengembalian kelebihan dana yang sudah saya bayarkan melalui elevenia.

Disini saya hanya ingin berbagi kepada teman-teman agar berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih tarif ongkir, karena dari pengalaman ini saya merasakan BETAPA SULITNYA meminta pengembalian dana tersebut dari elevenia dan kalaupun dana tersebut dikembalikan, secara nilai pun saya sudah dirugikan, karena hampir setiap hari saya harus menelpon dan entah sudah berapa banyak pulsa yang saya habiskan hanya untuk mendapat jawaban SEDANG DALAM PROSES.

Mengenai tindakan penyimpangan tarif seperti yang terjadi dalam kasus saya ini, silahkan teman-teman simpulkan sendiri, apakah ini termasuk penyelewengan, penggelapan, atau korupsi????? Nilainya mungkin tidak seberapa, tapi perbuatannya itulah yang perlu di waspadai.


Bagi para penggiat penegakkan hukum yang tertarik dan peduli terhadap kejadian ini, saya memiliki data lengkap sejak pemesanan, barang tersebut tiba, dan proses pengaduan yang tidak kunjung ada penyelesaian, mudah-mudahan itu semua dapat menjadi bahan.

Tolong bantu share post ini, agar tidak ada lagi orang yang mengalami kejadian serupa seperti yang saya alami ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment